Jumat, 27 Mei 2011

Es Krim Unik

          Umumnya, variasi rasa es krim adalah cokelat, vanilla, rasa buah-buahan, dan tiramisu. Di outlet Azabu Sabo Hokkaido Ice Cream, yang terletak di Plaza Indonesia Extention dan Pondok Indah Mall 2, Jakarta. Berbeda dengan es krim pada umumnya, es krim Hokkaido adalah es krim rendah lemak. Selain itu, bahan-bahan pembuat es krim dan toppingnya khas Jepang. Misalnya, ubi, wijen hitam, ogura (kacang merah Jepang yang sudah direbus dengan air gula), matcha (teh hijau), siratama (mochi), sampai bunga sakura. Beberapa menu es krim yang bisa kita cicipi di outlet tersebut antaralain, 


  • Matcha Zen, yaitu ek krim teh hijau yang disajikan dengan ogura dan siratama.









    • Carmelized Sweet Potato With Mathca ice cream atau es krim teh hijau yang dihidangkan dengan ubi Jepangyang dikukus lalu digoreng tanpa minyak dan dicampur kuromitsu (saus karamel). Es krim itu kemudian ditaburi wijen hitam.
     




    • Soft Ice Cream On Baked Potato, yaitu es krim lembut dan milky disajikan di atas adonan ubi kukus yang telah ditumbuk dan dibentuk bundar-bundar.






    • Es Krim An Mitzu atau es krim dengan topping buah-buahan
           











    • Es Krim Sendae










    • Es Krim Sakura, yaitu es krim yang dicampur dengan bunga sakura yang sudah dihancurkan. Tetapi karena bunga sakura hanya tumbuh pada musin tertentu, maka es krim ini hanya ada pada bulan April-Juni setiap tahunnya. 
     







    • Es Krim Balck Sesame, yaitu es krim yang terbuat dari wijen hitam 




               Selain itu juga ada es krim unik lainya, yaitu :

    • Es Krim Turki
                 Es krim Turki disebut dondurma. Dondurma tidak mudah meleleh, kenyal, dan elastis. Kenyal dan elastisnya berasal dari salep, yaitu bubuk dari akar umbi bunga anggrek. Saking kenyal dan elastisnya, konon, dundurma bisa direntangkan beberapa meter dan dijadikan lompat tali. Dondurma di kota Kahramanmaraslebih kenyal. Jadi, untuk memakannya memerlukan garpu dan sendok. Di Damaskus, Syiria< juga ada dondurma. Tapi namanya booza dan bertabur kacang pistachio.





    • Es Krim Mirip Spaghetti
              Spaghetti eis diciptakan tahun 1960-an oleh Dario Fontanella, pemilik toko es krim terkenal di Manheim, Jerman. Spaghetti eis dibuat dari es krim berwarna putih yang dicetak berbentuk spaageti atau mie. Supaya semakin mirip dengan spaghetti bagian atasnya dilumuri saus stroberi dan parutan cokelat putih. Seakan saus stroberi itu saus tomatnya dan parutan cokelat putihnya itu keju parmesannya.



    • Es Krim Rasa Kunyit
              India dan Pakistan juga punya es krim sendiri. Namanya, kulfi. Bedanya dengan es krim biasa, kulfi lebih padat. mirip puding. Jadi tidak mudah meleleh. uniknya lagi, beberapa rasanya dari tumbuh-tumbuhan Misalnya kapulaga dan kunyit. Penjual kulfi di India dan Pakistan disebut kulfiwallah. Penjual menyimpan kulfi dalam matka, yaitu periuk kecil dari tembikar. Tujuannya, agar kulfi tetap beku.




    • Es Krim yang Digoreng
              Bentuknya mirip cemilan yang digoreng, misalnya combro, kroket, atau onde-onde. Tapi, begitu dibelah ada es krim di dalamnya. Es krim goreng ini bisa dicicipi di Meksiko dan berbagai negara di Asia. Es krim goreng dibuat dari es yang dilapisi telur mentah. Lalu, dilapisi remah-remah kue, tepung tempura, atau corn flakes. Kemudian digoreng sampai tenggelam diminyak panas.

    1 komentar: