Kamis, 17 November 2011

Asal-Usul Alat Kesehatan

Alat Suntik

    Alat suntik (syringe) ditemukan pertama kali tahun 1853 oleh Alexander Wood, dokter asal Skotlandia, dan Charles Gabriel Pravaz, ahli bedah dari Prancis. Dalam waktu yang hampir bersamaan, keduanya berhasil menciptakan jarum berongga di bagian tengah, berujung runcing, dan cukup aman untuk menembus kulit. Rongga pada jarum itu berfungsi untuk mengalirkan obat. Jarum itu kemudian diberi nama jarum hipodermik. Jarum suntik awalnya hanya digunakan untuk mengalirkan obat penahan rasa sakit saat operasi saja. Namun, jarum itu kemudian juga digunakan untuk mengalirkan berbagai obat yang tak mungkin dimasukan lewat mulut (diminum).

Rontgen

     Sinar rontgen ditemukan tahun 1895 oleh ilmuan fisika asal Jerman, Wilhelm Conrad Rontgen. Sinar ini diberi nama sinar X karena dianggap misterius dan ditemukan tanpa sengaja. Ketika itu, Rontgen sedang mengadakan uji coba sinar katoda di laboratoriumnya. Saat itu lah tanpa sengaja ia menemukan sinar yang bisa menembus berbagai benda, termasuk kulit dan daging, kecuali tulang. Sinar X kemudian dimanfaatkan dalam bidang kesehatan untuk memeriksa bagian dalam tubuh pasien. Sinar rontgen dalam tingkat radiasi lebih tinggi juga dimanfaatkan untuk radioterapi, yaitu untuk menghancurkan tumor ganas atau mencegah pertumbuhannya.


Stetoskop
     Stetoskop berasal dari kata stethos (dada) dan skopeein (memeriksa). Alat ini ditemukan tahun 1816 oleh dokter asal Prancis, Rene Theophile Hyacinthe Laennec. Ketika itu, ia menciptakan stetoskop sederhana dari kayu berongga. Dengan alat itu, dokter dapat mendengarkan suara organ tubuh manusia,terutama bunyi paru-paru dan detak jantung. Seiring berkembangnya zaman, stetoskop pun makin moderen. Kini stetoskop terdiri dari open bell (bagian yang ditempelkan pada pasien), selang untuk menghantarkan suara serta earpiece yang dipasang pada telinga.






Tensimeter
     Tensimeter atau disebut juga sphygmomanometer adalah alat untuk mengukur tekanan darah. Alat ini ditemukan oleh Samuel Siegfried Karl Ritter von Bosch pada tahun 1881. Hingga tahun 1901, beberapa ilmuwan terus berusaha menyempurnakan tensimeter tersebut. Namun, tidak ada yang benar dan akurat. Hingga pada tahun 1905, ahli bedah Rusia, Nikolai Korotkov berhasil mengembangkan tensimeter moderen yang lebih akurat. Alat ini terdiri dari senuah pompa, sumbat udara, kantong karet dan pembaca tekanan berupa air raksa.

1 komentar:

  1. Dengan Hormat,
    Perkenalkan kami dari PT.TWIN Logistics merupakan sebuah Perusahaan yang bergerak dibidang jasa Import-Export/ International Freight Forwarding jasa pengurusan barang Import-Export kepabean (PPJK).Baik Via Laut maupun Via Udara, PT.TWIN Logistics yang berdomisili di Jakarta Timur dan kami siap membantu segala kebutuhan yang berhubungan dengan proses Kepabeanan, Customs Clearance, Borongan (All-ln), Door To Door, Undername, Domestics maupun Transportasi barang keseluruh wilayah Indonesia. Kami menyediakan penyewaanbendera perusahaan (Under-Name) Guna untuk kelancaran dalam bidang Import-Export Services.

    NOT: (JIKA ADA BARANG IMPORT YANG TERTAHAN DI PELABUHAN TANJUNG PRIOK ATAU DI SOEKARNO HATTA KAMI SIAP MEMBANTU UNTUK CUSTOMS PENGELUARANNYA).
    BEA CUKAI: JALUR HIJAU

    Services Kami
    Adapun kegiatan/layanan utama kami saat ini adalah sebagai berikut :
    - Pengiriman Door to Door Service
    - Undername Export & Import Udara
    - Undername Export & Import Laut FCL/ LCL
    - Customs Clearance Laut dan Cargo Udara( Ex-Lisensi)
    - Transportasi Laut FCL/ LCL
    - Transportasi Udara
    - Cargo pengawasan
    - Pergudangan dan penyimpanan
    - Penyelesaian pengurusan pengiriman barang Import-Export, kami siap memberikan solusi nya.


    Catatan:
    * Untuk Pajak Import, D/O, Sewa Gudang/ Penumpukan dan biaya yang lainnya Sesuai Kwitansi dari instansi terkait.
    * Untuk Import Borongan (All-In) harga bisa bernegosiasi .
    * Pembayaran dilakukan Cash on delivery (COD).

    Daerah Operasional Services Kami sebagai berikut:
    - Bandara Internasional Soekarno-Hatta
    - Pelabuhan Tanjung Priok (Jakarta)
    - Pelabuhan Tanjung Perak (Surabaya)
    - Pelabuhan Tanjung Emas (Semarang)
    - Pelabuhan Belawan (Medan)
    - Pelabuhan Dwikora (Pontianak)

    Best Regards,

    Mr. Andi JM
    Hp Whatssapp : 0819-0806-0678 / 0813-8186-4189
    = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = == = = = =
    PT. TWIN Logistics
    Jl. Raya Utan Kayu No.105 B Jakarta Timur 13120 Indonesia
    Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Fax : +62 21 8591-7812
    Email : andijm.logistics@gmail.com, pt.twinlogistics@asia.com
    Web : www.twinlogistics.co.id

    BalasHapus