Sabtu, 10 Desember 2011

Kakao

Nama Latin                 : Theobroma cacao. Artinya pohon dewa.
Habitat Asli                 : Hutan tropis Amerika
Keistimewaan Kakao  : Cokelat memiliki zat theobromine yang berguna untuk mengurangi stress, darah tinggi, dan penyakit jantung.

     Pohon kakao waktu masih kecil sangat ringkih. Pohon kakao kecil harus dilindungi tajuk pohon induknya agar tidak mau kepanasan. Tapi, setelah dewasa pohon kakao justru suka sinar matahari yang panas. Pohon kakao hanya tumbuh di daerah khatulistiwa yang panas dan lembab. Setelah 4 tahun, pohon kakao akan menghasilkan kantong warna-warni di batangnya.


    Buah kakao berharga seperti emas bagi orang Maya Kuno di benua Amerika. Pada masa itu buah kakao menjadi mata uang. Orang Maya Kuno menganggap pohon kakao sebagai pohon dewa. Karena orang Maya memperoleh minuman yang lezat dari buah kakao. Dari daging buah kakao yang berwarna putih, bisa dibuat minuman segar. Namanya Cacao Criollo. Biji kakao juga bisa dibuat minuman yang lezat. Itulah minuman Cocolati atau Cokelat. Pada masa itu cokelat hanya diminum raja, bangsawan, dan persembahan bagi dewa. Sementara rakyat jelata lebih suka menukar buah kakaonya dengan bahan kebutuhan sehari-hari seperti jagung, kacang, kalkun dan sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar