Jumat, 01 April 2011

Benarkah Radang Amandel Dapat Mengganggu Kecerdasan ?

  Amandel dalam ilmu kedokteran disebut tonsil, adalah bagian dari organtubuh berbentuk bulat kecil yang melekat dapa dinding kanan dan kiri tenggorokan kita. Amandel ini berfungsi sebagai sistem pertahanan tubuh, yaitu mendeteksi dan mencegah penyebaran infeksi kuman, virus, maupun bakteri, yang masuk kedalam tubuh lewat hidung, mulut, dan kerongkongan. Itu sebabnya, amandel kerap mengalami infeksi atau peradangan, terutama saat kondisi tubuh kita sedang melemah. Radang amandel lebih banyak dialami anak-anak karena kekebalan tubuhnya masih lemah. Peradangan amandel disebut tonsillitis.

* Gejala Radang Amandel

    Gejala awal radang amandel biasanya adalah rasa kering dan gatal di kerongkongan, serta rasa sakit saat menelan makanan maupun minuman. Bila gejala ini muncul, sebaiknya hindari makanan dan minuman yang dingin, terlalu panas, asam, dan pedas. Selain itu, segera lah minum suplemen vitamin dan perbanyak istirahat untuk memperkuat daya tahan tubuh. Bila radang berlanjut, akan tetapi pembekakan pada amandel yang disertai dengan tubuh menjadi demam, pusing, nyeri otot, serta lemas karena susah mengonsumsi makanan dan minuman. Bila sudah kronis, atau parah, gejala-gajala tersebut akan terjadi  berulang kali. Amandel pun akan membesar, memerah, dan muncul bintik-bintik nanah putih kekuning-kuningan. Bila keadaan ini dibiarkan tanpa pengobatan, amandel kanan dan kiri akan makin membesar dan saling bertemu, sehingga mengganggu pernapasan.

* Kapan Amandel Harus diangkat ?

   Amandel yang membesar bisa mengganggu kecerdasan. Sebab, bila radang amansel sudah parah, selain membuat kita sulit makan, minum, dan mengganggu pernapasan, juga mengurangi daya konsentrasi kita saat belajar. Lagi pula, tubuh kita perlu makanan yang cukup untuk tenaga, sementara otak juga memerlukan oksigen dari pernapasan agar dapat bekerja maksimal. Oleh karena itu, bila radang amandel sudah parah dan sering kambuh, biasanya dokter akan menganjurkan untuk mengangkatnya (dioperasi).

* Agar Amandel Tidak Terkena Radang

   1. Rajin cuci tangan dengan sabun setelah beraktifitas
   2. Hindari berbagi gelas, kontak makan, sendok atau garpu dengan penderita radang amandel
   3. Hindari makan dan minuman yang terlalu panas, dingin, pedas dan mengandung penyedap rasa
   4. Banyak minum air putih 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar