Sabtu, 02 April 2011

Keliling Dunia : Kerajaan Buku Hay on Wye

   Guinnes Book of Record memcatat Hay on Wye sebagai kota buku pertama dan terbesar di dunia. Ada lebih dari 40 toko buku bekas dengan lebih dari 5 juta koleksi buku yang dijual.


* Negara Berjuta Buku
   Awalnya, Kota Hay yang terletak di atas sungai Wye ini adalah sebuah kota kecil biasa. Lalu, seorang pencinta buku bernama Richard Booth membeli gedung tua untuk disulap menjadi toko buku bekas. Setelahtoko itu berkembang, Richard membuka lagi beberapa toko. Lama-lama, banyak orang membuka lagi beberapa toko buku bekas di Hay on Wye. Untuk menarik pembeli, Richard akan menjadi raja, kudunya menjadi perdana mentri, sementara rakyat nya adalah buku-buku yang dijualnya.


* Toko Buku Kejujuran
   Ada yang istimewa di Hay on Wye. Beberapa toko buku berjajar tanpa ditunggui penjual. Kalau ada yang tertarik dan ingin membeli buku-buku itu, tinggal memasukan uang ke dalam kotak yang sudah disediakan. Toko buku ini dikenal dengan sebutan Toko Buku Kejujuran. Toko Buku Kejujuran ini buka setiap saat, namun saat hujan rak-rak buku ditutupi oleh pelastik.


* Festival Pencinta Buku
    Para penulis terkenal seperti Philip Pullman dan Jucqueline Wilson, sering datang ke Hay on Wye. Setiap tahun di bulan Mei, diadakan festival Hay on Wye. Ada banyak kegiatan yang berhubungan dengan buku. Ada workshop, diskusi, peluncuran, dan penandatanganan buku. Untuk anak-anak, ada banyak acara juga, diantaranya pembacaan dongeng dan pertunjukan boneka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar