Sabtu, 02 April 2011

Rumah Para Sepatu

* Museum Sepatu Bata


  Bata Shoe Museum atau museum Sepatu Bata terdapat di Toronto, Kanada. Pendirinya Bu Sonja Bata, isteri pengusaha sepatu bata . Sekitar 10.000 pasang sepatu dan alas kaki dipemerkan di museum ini. Semua koleksi nya di dapatkan dari berbagai negara di 5 benua. Adapun sepatu langka dari benua Artika, yang disebut kamiks. Ada sepatu bersejarah yang pernah dipakai orang-orang terkenal. Misalnya, sepatu Ledy Diana. Ada juga sepatu yang sangat berharga karena bertatahkan batu rubi dan berlian. Yaitu, sepatu pangeran dari India pada abat ke-18. Harga sepatu ini mencapai 1,6 miliyar rupiah.







* Marikina, Museum Ratu Sepatu

  
  
   Ada seorang mantan ibu negara yang sangat terkenal karena sepatu-sepatu koleksi nya. Namanya Bu Imelda Marcos. Beliau adalah istri Pak Ferdinand Marcos, mantan presiden Filiphina. Pak Marcos berkuasa di Filiphina selama 21 tahun. Sayang nya, saat berkuasa, beliau diduga mengambil uang negara untuk berfoya-foya. Hingga suatu ketika, rakyat Filiphina memaksa sang presiden turun dari jabatannya. Ketika itu rakyat juga menyerbu istana presiden Marcos. Di dalam istina ditemukan ribuan pasang sepatu, konon, jumlahnya mencapai  3.000 pasang. Sepatu-sepatu BU Imelda itu kemudian diambil oleh pemerintah Filiphina dan dipamerkan di sebuah museum yang bernama, Museum Sepatu Mirikina di Mirikina, Filiphina. Tetapi, museum itu tidak hanya berisi sepatu Bu Imelda. Ada juga sepatu-sepatu bersejarah lainnya. Misalnya sepatu-sepatu yanng dikenakan para presiden Filiphina.







* Museum Kulit dan Sepatu Belanda
  \
   The Dutch Leather and Shoe Museum, terletak di  Waalwijk, Belanda. Di Museum ini, kita bisa melihat sejarah penggunaan kulit dan sepatu oleh manusia. Koleksi sepatu museum ini sangat beragam. Dari model sepatu kuno pada zaman Mesopotamia, Romawi, Mesir sampai model sepatu termoderen. Bahkan ada juga selop dan sepatu dari Indonesia yang digunakan para raja Jawa pada zaman dahulu. Uniknya lagi dalam museum sepatu ini, terdapat sebuah sepatu yang berukuran 63. Padahal ukuran sepatu orang Belanda yang normal adalah 46. Rupanya, sepatu ini adalah milik Rigardus Rijnhout. Dia dijuluki sebagai "de Reuz van Rotterdam" atau raksasa dari Rotterdam. Tingginya mencapai 230 cm, beliau hidup antara tahun 1922-1959.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar